Selasa, 14 Maret 2017

[RESUME VI] PRESENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN

   
ALAT PERAGA UNTUK SMP
Kami melakukan perubahan zat kimia dan zat fisika




Ciri-Ciri Perubahan Fisika:
- Perubahan zat hanya terjadi pada wujudnya, tetapi tidak pada sifatnya
- Zat hasil perubahan fisika dapat dikembalikan ke bentuk semula
- Sifat zat yang dimiliki sebelum dan sesudah perubahan sama.

Ciri-Ciri Perubahan Kimia
- Terjadi perubahan susunan molekul
- Terbentuk zat baru dengan sifat zat yang berbeda dengan sifat penyusunnya
- Perubahan zat bersifat irreversibel (tidak dapat kembali ke bentuk semula).

Selengkapnya https://www.youtube.com/watch?v=TszVOMgGuzY



PRESENTASI E-LEARNING KIMIA HASIL PENGEMBANGAN 


  Pada presentasi e-learning kimia hasil pengembangan kami menggunakan situs Edmodo untuk membuat program e-learning pada aplikasi www.edmodo.com 
Dan berikut ini beberapa gambar screenshoot dari e-learning yang kami buat dimana kali ini saya berperan sebagai seorang murid.





18 komentar:

  1. assalam mualaikum wr wb disini saya inggin mennayakan bagaimana menurut saudari penggunaan edmodo ini dan apa saja kendala kendala yang saudari alami saat mengguakan edmodo ini ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam wr wb
      Terima kasih atas pertanyaannya saudara Tesa Pratama Putra, mungkin dari pertanyaan anda lamgsung saja jawab menjawab tentang:
      Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Edmodo
      - Kelebihan;
      1.User Interface. Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
      2.Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya
      3.Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

      -Kekurangan;
      1.Social Media. Edmodo tidak terintegrasi dengan jenis sosial media apapun, seperti facebook, twitter atau google plus. Padahal pada saat sekarang ini, hampir setiap website terintegrasi dengan media sosial supaya penggunanya dapat berbagi (sharing). Lagipula orang Indonesia lebih familiar mengetikkan kata facebook.com ketimbang edmodo.com
      2.Languange. Penggunaan bahasa program yang masih berbahasa inggris sehingga terkadang menyulitkan guru dan siswa.
      3.Video Conference belum tersedia. Hal ini cukup penting untuk berinteraksi dengan siswa jika guru tidak bisa hadir secara langsung di ruang kelas.

      Hapus
  2. selamat malam, saya ingin bertanya. apakah dengan megikuti pembelajaran edmodo ini seorang siswa bisa meningkatkan pengetahuan di kelas?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam juga, menurut saya apabila siswa mengikuti pembelajaran edmodo dikelas setidaknya bisa meningkatkan pengetahuan siswa tersebut dikarenakan pembelajaran edmodo ini sedikit praktis ketika mengajar dan juga bukan hanya memudahkan siswa tetapi juga akan memudahkan pekerjaan gurunya.

      Hapus
  3. Assalamualaikum wr, wb
    saya ingin bertanya mengapa anda memilih pengembangan e-learning dengan edmodo? dan apakah edmodo ini dapat diterapkan dimana saja? tolong anda jelaskan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam wr wb
      Menurut saya edmodo adalah media e-learning yang praktis karena bisa memudahkan pekerjaan guru saat mengajar siswanya dan menurut saya edmodo tidak bisa diterapkan dimana saja karena pengembangan e-learning edmodo ini hanya bisa digunakan ditempat yang memiliki jaringan internet.

      Hapus
  4. saya ingin bertanya, apa kelebihan dari aplikasi edmodo dibandingkan aplikasi e-learning lainnya ? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihan edmodo;
      User Interface. Mengadaptasi tampilan seperti facebook, secara sederhana edmodo relatif mudah untuk digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Compatibility. Edmodo mendukung preview berbagai jenis format file seperti: pdf, pptx, html, swf dan sebagainya. Aplikasi. Edmodo tidak hanya dapat diakses dengan menggunakan PC (laptop / desktop) tetapi juga bisa diakses dengan menggunakan gadget berbasis Android OS.

      Edmodo merupakan platform media sosial yang sering digambarkan sebagai facebook buat sekolah. Berfungsi untuk memberikan peringatan, tugas, penilaian, poling dan agenda yang diberikan kepada siswa. Adapun fitur dari edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh guru adalah Assigment, File and Liks, Quiz, polling, Gradebook, Library, Awards Badges, dan Parents Codec. Aplikasi ini memerlukan jaringan internet yang menyeluruh dan aktif. Selain itu, memerlukan kesadaran pelajar untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran.
      Dan menurut saya karena itu edmodo lebih cocok untuk digunakan dibanding e-elearning lain.

      Hapus
    2. Kelebihan Edmodo menurut Shelly Gary (2011:6-45) adalah:
      1. Edmodo bisa membantu guru dalam membuat berita dalam grup atau memberi tes yang bersifat online.
      2. Edmodo juga akan memungkinkan siswa untuk mengirim artikel dan blog yang relevan dengan kurikulum kelas sesuai dengan perintah guru.
      3. Guru dapat menggunakan Edmodo untuk mengembangkan ruang diskusi dimana siswa dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya diwaktu yang sama.
      4. Guru juga dapat menggunakan Edmodo untuk menginstruksikan, menetapkan, dan membicarakan dengan siswanya secara online diwaktu yang sama secara bersamaan.

      Kelebihan Edmodo menurut Charles Wankel (2011:26) adalah:
      1. Mudah untuk mengirim berkas, gambar, video dan link.
      2. Mengirim pesan individu ke pengajar .
      3. Membuat grup untuk diskusi tersendiri menurut kelas atau topik tertentu.
      4. Lingkungan yang aman untuk peserta didik baru.
      Pesan dirancang untuk lebih mudah dipahami dan tidak dibatasi oleh jumlah karakter.

      Hapus
    3. Terima kasih atas penambahan materinya saudari mella puspita

      Hapus
  5. kelebihan edmodo yaitu :Menghemat waktu proses belajar mengajar.
    b. Mengurangi biaya perjalanan.
    c. Menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan,
    buku-buku).
    d. Menjangkau wilayah geografis yang lebih luas.
    e. Melatih pembelajaran lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

    sedangkan kekurangannya yaitu Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu
    sendiri.
    2. Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek social dan
    sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis / komersial.
    3. Proses belajar dan mengajarnya cenderung kearah pelatihan daripada
    pendidikan.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas penambahan materinya saudara Roby

      Hapus
  6. saya ingin bertanya apakah media ini dapat di gunakan pada sekolah yang kurang mendapatkan jangkauan internet?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya media yang bisa digunakan pada sekoah yang kurang mendapatkan jangkauan internet adalah dengan menggunakan alat peraga.

      Hapus
  7. assalammualaikum saya ingin menambahan sedikit pada e-learning ini kita tidak bisa menguasai materi dan yang ada melainkan membuat siswa tambah bingung terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sarannya saudari silmi aulia wardah

      Hapus
  8. Assalamualaikum wr wb. saya ingin bertanya apakah kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan alat peraga sebagai media pembelajaran.

    BalasHapus
  9. penggunaan alat peraga dipilih karena pada dasarnya siswa mengalami kesulitan membayangkan dan mengapresiasi suatu bentuk molekul yang bersifat abstrak menjadi lebih nyata. Kesulitan siswa semakin tinggi, ketika mereka harus menghubungkan rumus-rumus penentuan bentuk suatu molekul kemudian menggambarkannya. Pada dasarnya anak belajar melalui benda/objek konkret. Untuk memahami konsep abstrak, anak-anak memerlukan benda-benda konkret(riil) sebagai perantara atau visualisasinya. Konsep abstrak itu dicapai melalui tingkat-tingkat belajar yang berbeda-beda. Bahkan orang dewasa pun yang pada umumnya sudah dapat memahami konsep abstrak, pada keadaan tertentu sering memerlukan visualisasi. Belajar anak akan dapat meningkat bila ada motivasi. Karena itu dalam pengajaran diperlukan faktor-faktor yang dapat memotivasi anak belajar, bahkan untuk pengajar. Misalnya : pengajaran supaya menarik, dapat menimbulkan minat, sikap guru dan penilaian baik, suasana sekolah menyenangkan, ada imbalan bagi guru yang baik, dan lain-lain. Selanjutnya konsep abstrak yang baru dipahami siswa itu akan melekat dan tahan lama bila siswa belajar melalui perbuatan dan dapat dimengerti, bukan hanya mengingat fakta.

    BalasHapus